February 2, 2009

Luqmans historie



Hej venner...


Jeg fik influenza sidste uge, og Ais var syg. Hun fik feber for en dag. Bagefter blev hun rask igen, mens jeg fik flu og kastede op i gar. Alhamdulillah nu føler jeg bedre.

Her skriver jeg om Lugman as. historie. Jeg er vildt med den historie. Det fortælle om hvordan familie fungere mellem forældre og børn.
Den historie besrkrive, om man skal tage hensyn til at opdrage deres børn på den rigtige måde.

Når jeg læser og læser igen, græder jeg med det sammen. Jeg føler lille smulle nervøst . Men jeg beder Gud at hjælpe mig og min familie....Må Allah SWT. altid give os Sin lyst til at overleve i den situaton.

***

Ya, mohon maaf baru sempat update lagi, baru aja Aisyah sakit minggu kemarin, dan sekarang gantian Ve yang sakit. Ve kena flu dan kemarin sempat muntah, eitss ini bukan karena apa2 selain sebabnya karena masuk angin aja. :) Insya Allah itu semua penggugur dosa2 kami sekeluarga. Dan kemarin-kemarin ada beberapa masalah yang harus diselesaikan , sehingga menyita banyak perhatian di keseharian kami. Alhamdulillah semua masalah itu teratasi, selalu disetiap kesulitan ada kemudahan.

Btw, Ve suka sekali kisah / cerita tentang Luqman as, yang tergambar dalam surat Luqman di Al Qur'an. Boleh dibilang crazy...i 'm in love with this surah. ^_^

Kisah ini memberikan gambaran jelas tentang bagaimana fungsi sebuah keluarga. Antara orang tua dan anak. Bagaimana orangtua memberikan pendidikan kepada anaknya, kelak anak kita menjadi pertanggungjawaban kita diakhirat nanti.

Membacanya berulang-ulang membuat air mata tak terasa menetes....terlintas pikiran ku tentang Aisyah. Buah hatiku....membesarkan nya antara harap dan cemas.

Berharap Aisyah akan menjadi hambaNya yang selalu menuruti perintah Allah SWT, semoga Allah menjaga dan menolong kami semua untuk istiqamah.





13.
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".


14.
وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.


15

وَإِن جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَن تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ


Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.


16

يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُن فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ


(Luqman berkata): "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.


17

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَ‌ٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

1 comment:

Anonymous said...

Hej ve,

Håber du er tilbage 100% til normal.

Vi har næsten det samme situationen , mine børn er syge ( næsten 2 uger nu ) jeg skal blive hjem til at passe dem .

Tak for dele med os den "surah"

Knus og kyss til aisyah