February 10, 2009

EHEM

hej venner,
det er vinterferie nu i her, mens jeg ikke har fri på skolen og ben gå på arbejdet. Det er kedeligt at gå til skolen, når vejret er meget koldt. Jeg kan ikke lide vinter pgå koldt og mørkt. Jeg står op kl. 6.00 om morgenen og forberede mig selv samtidigt laver jeg morgenmad til lille Aisyah.

Klokken 6.46 forberede jeg Aisyah med at skifte sin ble og sit tøj. Nogen gang går jeg mig selv til at aflevere Ais i vuggestue. Og det er mørkt udenfor og koldt...derfor føle jeg 'reseh' hver dag. Jeg kan ikke lide vinteren, jeg kommer fra Indonesien, hvor det er sol skinner hele tiden.

Nok om vejret, :D

Jeg vil gerne fortælle om Aisyah.
I kender godt om vi opdrager vores datter med shalat.

Nogen gang forstyrrer Ais med det sammen, når vi gør bønner 5. gange hverdag. Så både jeg og min mand hoster for at signalere hinanden, fx Jeg laver maghrib bøn mens ben ser fjernsyn og forstyrrer Ais mig. Så bliver jeg hoster lidt 'Ehemmm'. Ben kan fornemme at det er galt med Aisyah.

Men nu vi lære en ting fra det,

Aisyah ville meget gerne at lære bønner sammen med os. Men hun gør sammen præcist ligesom os. Hver gange laver hun bønner, hun siger også 'Ehemm'. Hun synes at siger 'EHEM' er en del af regler fra bønner. LOL.

Vi prøver at forklare det til hende, at siger 'EHEM' fordi hun er laver ballader. ^_^
Vi siger EHEM, bare fordi vi er bange og nervøst at hun laver nogen ting.

Men Aisyah forstå ikke om det...til nu siger hun stædig EHEM når hun laver bønner.

Ahhh......vi skal passe næste gang at lave nogen....Aisyah vil gerne efterligne os, hvad vi gør og siger. Ja....vi kender godt at børn copierer altid deres forældre.

***



Winter....dingin dan gelap, seperti itulah penampakan yang terjadi saat ini di kota kami. Menurut perkiraan salju akan menutupi kota kami sekitar 4-5 cm. Jadi kami harus siap-siap untuk menggunakan pakaian lengkap dan tebal saat keluar rumah.
Cuaca yang membosankan dan membuat malas untuk keluar rumah ini tak lantas membuat Ve mengurungkan diri untuk sekolah.

Bangun jam 5.30 sembari menyiapkan diri sendiri dan sarapan pagi untuk Aisyah. Sekitar jam 6.45 Ve menyiapkan Aisyah bersamaan setelah semuanya selesai, berangkatlah kami menggunakan bus kadang pula berjalan kaki ditengah kegelapan dan dingin pagi dini hari.
Jujur...Ve tidak suka winter....membuat Ve semakin rindu Indonesia yang setiap saat sinar matahari menerangi kita. Plus mungkin hujan dan banjir kali yah ^_^.

Cukup tentang cerita cuaca dingin yg membosankan...:D

Ve ingin cerita satu hal tentang Aisyah.
Sudah pasti tahu kalau kami membiasakan Aisyah untuk belajar shalat.
Sedari awal kami perkenalkan kegiatan shalat ini sedari dini. Karena kami nggak ingin Aisyah sampai meninggalkan kewajiban shalat dan kurang memaknai makna dibalik shalat.

Nah, kadang Ais suka sekali mengganggu kami saat sedang shalat. Kami shalat bergantian, kadang Ve duluan atau hubby duluan. Saat Ve shalat duluan , Ais melakukan hal yang membahayakan lalu Ve biasanya mencoba 'BATUK' = ehemm.
Biasanya ben berusaha mengingatkan Aisyah dan bilang Ais, jangan ganggu mama shalat. Kegiatan ehem ini sepertinya menjadi kebiasaan yang tertangkap dalam memori Aisyah.

Ternyata Ais menangkapnya menjadi salah satu rukun dalam shalat...so, kalau Ais shalat, dia mengeluarkan suara 'EHEM'. Kami coba jelaskan berkali-kali kalau kata EHEM itu bukan salah satu aturan shalat. Itu cuma kami aja sebagai orang dewasa memberikan signal pada yang tidak shalat untuk menjaga Aisyah.

Tapi hal ini tidak berhasil.....hehehehe, Ais tetap dengan pendiriannya, tiap shalat selalu bilang 'EHEM'....

Pelajaran berharga buat kami, Ais sudah mulai mempunyai sifat natural untuk melihat/ mengkopi gerakan dan omongan serta apa saja yang sekeliling dia lakukan.

Ahhhhh kami memang kurang peka dan hati-hati untuk yang satu ini :)

5 comments:

fromheart said...

Hej Ve,

aisyah bøn er meget flot uanset at hun sagde nogle ikke det samme som normal bøn men hun gjorde den rigtigt good (yg penting niatnya ) he..he

Hun bliver stort og stort synes jeg..og meget smukt...

Jeg havde ikke også vinterferie...lidt træls sommertider he..he jeg trænger til at have ferien..he..he

Mange hilsner til ben og knus til aisyah..:-)

Hilsner også til rinis famili hvis du møder dem igen...jeg skal nok ringe til dig hvis vi kører til bazar vest...

Have en god weekend :-)

tryas said...

aduh...Aish...ada2 aja tingkah lucunya..pake adegan batuk segala dalam shalat.. 'EHEM'....
Wah...sist Ve mesti hati2 nih kalo Aish udah mulai pinter mengkopi gerakan dan omongan serta apa saja yang sekeliling dia lakukan.
tapi bagus banget sih Aish udah belajar sejak dini tentang rukun Islam kedua ini..


Salam sayang selalu dari amah ya Aish.... ^_^

Ade said...

xixixixixi...lucu sekali...anak kecil itu lucu-lucu ya tingkahnya...ini kali pertama tertawa lho sepulang dr kampus liat nilai yg...
trima kasih Tuhan...:)
Ais...ais..

Mommy Farah said...

alhamdulillah ais dah belajar sholat yah..farah juga tuh tapi alhamdulillah dia gak ngeganggu..senangnya ikutan malah..cuman emang blom tertib cara sholatnya..yg paling seringnya mah ikutan mengaminin hehehe..
duuh gak tahan banget deh liat foto cantiknya aish,..makin gede makin cantiknya kelihatan..moga juga makin sholeh yah nak'

Ina-Nabila said...

Padahal winter itu kadang yg jadi khasnya negara europe, dan bikin penasaran org indonesia. Tp mang yg namanya dingin, ga ku ku.
Btw, Ais makin cuantiiiiiiq deh , gemesy