March 16, 2007

Ishbiru, Innallaha ma'ashobirin

Assalamu'alaikum all,
Apa kabarnya nih? Alhamdulillah sudah ketemu weekend lagi,itu artinya ada Ben dirumah dan lebih hidup suasananya.

Beberapa hari ini hectic day buat Ve pribadi,gimana nggak, Aisyah sudah mulai numbuh gigi plus sudah mulai dikasih makanan tambahan. Jadinya rewel aja kerjanya. Yang bikin aneh buat Ve,itu rewelnya ditiap-tiap waktu menjelang sore atau makan malam. Nah,kalau itu kan lagi repot-repotnya sedang Aisyah gak mau ditinggal sama Ben. Dia suka protes kalau sama Ben,mungkin kalau sama Ben gak bisa sesabar sama Mamanya.
Yang paling hectic dan panik itu yah kemarin hari kamis. Buat Ve sampai nangis ngelihat dia rewel banget karena gak ngerti apa masalahnya. Dia ngejerit teriak-teriak gitu,bikin sakit kepala aja.

Coba dirunut dari awal hari kamisnya, sebenarnya pas siangnya telat kasih Ais makan bubur,memang sesuai panduan dari kotak produk bubur tersebut usahakan tepat waktu semisal kita kasih anak kita jam 12 siang, maka harus tepat waktu besok harinya.

Nah,karena pas jam 12 siang Ve pikir Ais masih tidur jadi yo wiss lah ndak usah dibangunin. Akhirnya jam 1 siang,Ve pergi ke mall dekat apartment tinggal jalan bawa trolli ama Ais sekedar untuk membeli keperluan harian. Pas di mall,lagi asyik milih terus tiba-tiba Aisyah nangis yah ngejerit2 gitu kedengarannya. Teriak yang gak ngeluarin air mata.
Akhirnya kami ngaso sejenak dan kasih Ais susu botol. Habis selesai itu dia sempat diam sebentar ,Eh teriak-teriak lagi- ya ampun jadi gak tenang-. Akhirnya Ve cepat-cepat pulang karena belanja gak akan nyaman kalau Ais teriak-teriak kek gitu.

Sesampai dirumah gak lama kemudian Ben pulang. Maksudnya Ve pengen mulai masak buat dinner, Ve minta Aisyah dijagain tapi tetap kegiatan teriak-teriaknya gak henti. Ben capek pulang kerja,sempat kena marah Aisyahnya. Ve akhirnya sempat marah ke Ben, Ve bilang biar apapun yang terjadi jangan pernah kita membentak anak. Secara psikologis itu gak sehat buat perkembangan jiwa anak.
Alhasil Aisyah malah gak mau dijaga sama Ben, Ve akhirnya gendong dia pake gendongan khusus bayi sambil masak didapur. Masya Allah berat banget sih :D

Selesai dinner,Aisyah masih rewel gak mau dilepas dari Ve. Ini anak keknya protes sama orangtuanya. Sudah telat makan,terus kena marah Ben dan pula perutnya gak enak keknya plus gak enak karena gigi numbuh.

Ada sekitar 2 jam dia nangis aja dan Ve sampe nangis ngelihatnya. Terus Ve bilang ke Ben suruh telepon dokter mungkin ada yang salah dengan badan Aisyah. Akhirnya Ve inisiatif kasih kamilla teh dan setelah Aisyah minum teh ,dia tertidur pulas kecapean juga.

Gak tau ya,Ve sebagai Ibunya gak tega melihat dia menangis tanpa sebab. Kalaupun ada sebab semisal dia kurang sehat Ve juga akan tetap gak kuat ngelihatnya. Orang sehari-harinya Aisyah itu ceria,apalagi kalau kita main sama dia pasti dia selalu tersenyum dan membawa bahagia melihat senyumnya yang sepenuh wajahnya yang mungil itu. Gak pernah bermasalah kek minggu ini.

Nah pas sekarang ini sejak dikasih makanan tambahan jadi dia sering jerit-jerit gitu. Kadang sih jerit nya gak ngerti kita apa maksudnya. Pas kita tengok ,dia malah tersenyum seperti biasa.
Mungkin karena numbuh gigi dia juga jadi gak nyaman. Tapi Ve juga gak tahu mesti gimana. Paling dikasih kamilla teh aja.

Benar-benar hectic deh,namanya kita orangtua baru dan kadang ditengah hectic gitu terhadap pasangan juga agak gimana gitu. Kesabaran benar-benar dibutuhkan. Kalau kita sama-sama panik dan gak sabar,bisa-bisa kita stressfull.

Akhirnya kami sepakat,semisal jika kejadian lagi kek kemarin usahakan pas saat2 itu kita mesti support each other. Kalau ada yang gak berkenan diantara kita,coba endapkan dulu yang penting kita utamakan Aisyah dulu. Begitu Aisyah sudah tidur atau tenang,baru kita diskusikan. Yah benar-benar harus menata hati.

Tapi yang aneh,hari ini kejadian lagi dan itu pas menjelang dinner aja sampai jam 8 an. Ada teman Ve yang bilang,katanya itu biasa anak-anak seusia 5-6bulan mengalami spt itu. Apa mungkin karena Aisyah kesambet? Ih,Naudzubillah...Ve gak kepikiran kesana-di Denmark-Wallahu'alam. Ve percaya hal-hal gaib tapi yah Ve berusaha rasional.
Paling terapinya Ve bacain ayat-ayat Qur'an ..atau juzzama. Biasanya Aisyah diam,tapi yah Ve gak bisa nemenin full karena harus masak juga. Sedang kalau dikasih ke Ben, Aisyah suka malah tambah deh protesnya.

Ve sebenarnya banyak kasih masukan ke Ben,biar Ben lebih sabaran. Maklum deh,Ben masih muda sudah jadi Bapak. Tapi memang harus dilatih. Ve gak mau kita mendidik anak-anak dengan bentakan atau marah. Marah itu memang perlu tapi untuk seusia Aisyah, Ve rasa kurang tepat. Baiknya kita lah yang harus sabar.Ve selalu bilang, yang namanya anak itu amanah yang Allah berikan buat kita, kita mesti melatih diri kita agar amanah itu bisa kita jaga dengan baik.

Tapi Ve kira ini belum seberapa,jadi hanya kesabaran dan kesabaran yang perlu kami pupuk. Dan saling membantu tugas masing-masing.

Alhamdulillah kami jadi makin menguatkan satu sama lain.

Aisyah,We love u sayang.....from Mama and Dady
Doakan kami yah,biar diberi kesabaran yang penuh dari Allah SWT.

5 comments:

Gege said...

Ve,
yg sabar yah..

Kalo boleh ngasih saran yah Ve..
Oya, apa mungkin Ais belom siap nerima makanan semi solid? Sebab yg aku tau, kalo perut/sistem pencernaan anak blom siap, dia bisa ngalamin sakit perut saat menjelang malem.

Dan juga sampai umur 6 bulan, dkasih ASI aja dulu gak papa. semi solid food nanti bertahap dari usia 6 bulan, dan itupun pemberiannya gak langsung berapa kali sehari. Paling sehari sekali dalam porsi yg kecil.

Dulu pas 6 bulan, zebby juga ngalamin sakit perut dan rewel karena makan sesuatu, dan ternyata bener, dia alergi thd bahan makanan itu. Pas kita brentiin, perut dia oke lagi..

Pokoknya sampe setahun, susu tetep jadi makanan dominan yah Ve..

Inaya Salisya said...

eeh dah ada mbak gege yg kasih saran, yap bettul, idem ma mbak gege. Ayo bunda tetap semangat yaaa

Erna said...

Ass.Mba Ve lagi diuji nih, mudah2an Alloh selalu memberikan keberkahan atas kesabaran Mba. Dulu pengalaman Hukma tiap numbuh gigi, kepalanya panas banget, kepalanya aja ngga sama badannya. Tadinya Erna bingung kenapa, taunya giginya nongol satu per satu.

Sun Flower Arco said...

@Gege ,makasih mba Ge,skrg dia udah terbiasa dikasih bubur ..jd gk nangis2 lagi..memang susah2 gampang yah ngasuh anak bayi :) ,buat zebby...luv u ka zebby ( sun dri aisyah)

@Ina..iya Alhamdulillah sudah konsul dan ganti brand lain utk pilnya..makasih say infonya..dan Aisyah sudah baik skrg ,gk rewel2 keseringan...:)..salam sayang buat ka nabila.

@Erna
Alhamdulillah mba...makasih ya sudah mampir..eh skrg di readers juga blognya mba erna? jdi gk bisa lihat pic hukma lagi yg mungil pake kerudung nih *_^

Anonymous said...

saya peminat anda dari malaysia..wah terus terang saya kagum sama anda walaupun ada bahasa yg kurang sy fahami..jelasnya saya fan no.1 anak anda,,bayi yg cantik sekali..untungnya kalo ada darah campuran ya..juga saya bangga kok anak comel anda bernama asiyah..bangga amat..saya juga nama aisyah..untung ya,moga2 anak anda jadi seperti saidatina aisyah..amin