October 23, 2008

tentang janteloven


Janteloven ( dansk )


Du skal ikke tro at du er noget
Du skal ikke tro du er lige så meget som os
Du skal ikke tro du er klogere end os
Du skal ikke bilde dig ind at du er bedre end os
Du skal ikke tro du ved mere end os
Du skal ikke tro du er mere end os
Du skal ikke tro at du duer til noget
Du skal ikke le ad os
Du skal ikke tro at nogen bryder sig om dig
Du skal ikke tro du kan lære os noget

English Vers.

The Law of Jante


You shall not think that you are special
You shall not think that you are of the same standing as us
You shall not think that you are wiser than us
Don't fancy yourself as being better than us
You shall not think that you know more than us
You shall not think that you are more (important) than us
You shall not think that you are good at anything
You shall not laugh at us
You shall not think that anyone cares about you
You shall not think that you can teach us anything


***

Janteloven ini adalah salah satu hukum yang 'tidak' tertulis di Denmark. Itu menurut Ve.
Sempat beberapa kali diskusi di kelas tentang hukum janteloven ini.

Sejarah janteloven ini konon berawal dari seorang Axel Sandemose yang berasal dari Nykøbing Mors. Dialah yang membuat tulisan pertama kali tentang Janteloven ini.
Konon di kota Mors ini, penduduknya satu sama lain selalu 'ikut campur' dalam kehidupan satu sama lain.
Sehingga momentum ini di tuangkan dalam bentuk tulisan oleh Axel untuk membendung arus keikut campuran satu sama lain.

Alhasil sampai sekarang, hukum ini tetap melekat dalam diri para orang Denmark.

***

Sekarang kalau mau melihat hukum janteloven ini dari segi negatif memang sakit hati. Tiap kita ingin berkembang, ingin maju ....ataupun ketika kita sedang menunggu bus dijalan, tiba-tiba ada orang Denmark yang melihat kita dari atas sampai bawah ibarat seorang tersangka kejahatan.

Sempat juga Ve baca, kalau ada juga yang di sumpah serapah dan disuruh pulang ke negara asal oleh salah satu oknum orang Danish.

Kalau dilihat dari sisi positifnya, hukum ini menjadikan kita untuk selalu berkompetitif dalam segala segi kehidupan. Dan menjadikan kita kuat dan tahan dalam perjuangan hidup.

Yang pastinya kita sebagai seorang muslim harus tertanam dalam diri, bahwa harkat derajat seorang manusia bukan diukur dari segi keduniawiaan dan material semata. Disisi Tuhan Yang Maha Esa, semua manusia sama derajatnya yang membedakan adalah tingkat ketakwaan saja.

Sedang ketakwaan itu adalah urusan manusia dengan Rabbnya....semuanya terpantul dalam akhlak / perilaku manusia menghadapi hidup ini.

Ve sendiri kadang kalau lagi down, suka juga sedih ( normal lah yah ) kalau tiba-tiba di perlakukan tidak enak dengan orang lain. Semua itu menurut Ve adalah proses...proses dalam meniti kesuksesan serta kematangan, menjadikan kita untuk tidak berlaku hal yang sama seperti yang sudah-sudah.

Ahh.....cuma lagi kebersit hukum janteloven nih ^_^

Have a nice day yah
Salam sayang

ps : lambat laun mungkin Ve akan flytte /pindah blog ke multiply Ais...masih lama kok...bertahap, karena lebih nyaman di multiply.....bisa tersaring dan nyaman deh pokoke :D dan satu lagi yang penting...biar nggak bingung mesti updating 2 blog dalam jangka waktu sama. Lebih terfokus kalau hanya punya satu, kalo 2 hihihih, malassss nulisnya nih :p


2 comments:

Ima said...

Assalaamu'alaikum Ve
Sayang laskar pelangi baru thrill doang di Youtube.com yah.. mudah2an gak lama lagi yah.. sabar..

Btw, thanks artikelnya. ima sendiri baru tau ada hukum kyk gini. hi..hii gaptek.

Btw lagi, nti aku diadd dimultiply yah.. :)

muach muach buat Ais sayang

Mommy Farah said...

duh..mo pindah ke multiply yah..ntar sering maen boleh kan?kalo pindah kasih kabar yah mom;)