August 17, 2006

Emeralds of The Equator

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Photobucket - Video and Image Hosting

Merdeka! Selamat HUT R.I. yah. :)
Buat yang di Indonesia, mungkin hal ini udah biasa. Setiap tahun seantero pelosok mengadakan acaranya masing-masing. Sudah pasti para pe-blogger di Indo kali yah. Ikutan lomba macem-macem. Dari tarik tambang,makan kerupuk,panjat pinang ( ini yang paling fantastik ).
Beda dengan kami yang bermukim diluar, terutama buat Vera. Ihiks, gak bisa ke kedubes Indo di Denmark. Selain jarak tempuh cukup jauh ( di ibukota Copenhagen, 3 jam perjalanan dari Arhus). Plus, pas hari ini Ve juga sekolah. Gak mungkin bisa bolos boo...:D...udah deh gak bisa makan-makan di embassy of Indonesia at Copenhagen , *gubraks* :D .
But, jangan khawatir...hehehehhe, Ve gak lupa kok ma Indo tertjintah ( duh bukan sok nasionalis loh ). Ceritanya begini, hari ini kebetulan kami presentasi tentang kampung halaman kami ( Mit hjemland i Dansk sporg ), sekedar info aja loh...begitu masuk...Ve mesti ngikutin kelas yang udah start dari 2 Agustus kemarin. Dan rata-rata mereka udah pernah sebelumnya ikut kelas danish tapi karena satu dan lain hal mereka break(cuti), trus mulai lagi deh. Dan kebanyakan pula rata-rata mereka udah lama tinggal di Denmark.
Ihiks,berasa paling bodoh deh...makanya pas pertama datang,lumayan kaget. Ternyata pelajaran udah sampe bab 7, dan rata-rata pada tes bulan september nanti. Oh No.....:(
Back to topic deh, ceritanya hari ini giliran Ve untuk presentasi tentang negeri tercinta.
Wah, kesempatan itu Ve ambil subjek dengan judul : Emeralds of The Equator ( Smaragd p? ?kvator ) .
Hehehe, disuruh ngomong pake danish. Yang ada pebelitut*...heheh campur baur dansk dan inggris. Heheheheh, habis susah banget. Tapi ya itu deh, memperkenalkan Indonesia ku ,tanah tumpah darahku, berjejer dari Aceh ampe Merauke. :D...hehehehehe.
Sehabis presentasi, banyak yang nanya deh. Weks, tapi jangan khawatir...mereka ngerti kalo bahasa Ve campur dansk dan inggris.
Yang senangnya,pas Ve bilang kalau hari kemerdekaan kita jatuh hari ini. Terus semua pada wow.....surprise gitu, mereka bilang pas banget, selamat yah. Terus nanya-nanya tentang dulu dijajah ama siapa.
Ve bilang aja ama Belanda, kebetulan ada teman Ve dari Polland yang masih ada keturunan Belanda, kekeekekekek...tiba tiba aja dia jadi malu gitu. Terus Ve bilang ,Its ok, ini kan sejarah. jadi kita bisa ambil pelajarannya.
Akhirnya presentasi selesai, setelah selesai banyak juga yang nanya pas jam istirahat. Dari nanya tentang hamil berapa bulanlah, Perempuan atau Laki-lakilah anaknya, ampe bilang teman Ve dari Amerika.. u are so cute,i like u...seem really s?d . Maksudnya kamu cute, enak orangnya ramah.
Duhhh, jadi tersandung ups tersanjung maksudnya :), yang pasti mungkin cutenya lebih tepat,duh kamu kok mungil amaatt, udah gitu perutnya endut lagi. :D. Tapi lebih halus, heheheehhe. Tapi tentang ramah,memang seh...kita orang Indo terkenal dengan keramah tamahannya. Tidak seperti di sini, orang sini jarang senyum,dan kalau ketemu juga jarang tuh say hello atau Hi.
Tapi,Alhamdulillah dikelas Ve, orangnya ramah-ramah. Dan ada 4 orang Muslim ( ini baru yang Ve kenal loh,karena semeja duduknya).
Yang disebelah Ve namanya Sis Mina, muslimah dari Maroko, baikk banget. Pake jilbab juga,ternyata kita sangat klop,. Dia selalu bantu ketertinggalan Ve. Sampai dia mau relain jam istirahatnya dipake buat ke perpustakaan nyari buku referensi dan nge copy tugas sebelum2nya.

Ada lagi 2 sister dair Turki,namanya Sis Yesina dan Sis Nejla. Sama ramah juga,pertama kenalan mereka langsugn bilang , I am Muslim too, meski gak pake jilbab seh. Ve bilang oh,Alhamdulillah. Mungkin mereka juga bangga dan mau proklamirkan diri bahwa meski gak pakai jilbab,mereka juga muslim. Subhanallah banget, Ve terharu. Jarang loh, kita biasanya yang tinggal di luar negeri memperkenalkan diri kalo kita muslim. Orang Ve aja sempat ditanya, padahal dari identitas luar udah ketahuan gitu pake jilbab. Eh ditanya juga : Are u moslem?, hehehe, Ve jawab ofc, I am moslem . Insya Allah .
Tapi Alhamdulillah,Ve enjoy aja sekolah karena gak lama banget seh. Serta gak membosankan.
Semoga Ve bisa makin lancar yah, sebenarnya kalau essai seh bisa,cuma kalau harus suruh ngomong serta listening,suka belibet. Mungkin harus terus praktis,praktis dan praktis....betul begitu Min Mand? :D
Hehehe, itu dulu deh...sekali lagi Merdeka...yang di Indo, selamat dapat hadiah lomba-lomba yah. Dan juga yang panjat pinang, hati-hati kepeleset, hehehehehe.
Jeg er altid glad.
Tak,Vi ses.
Wassalam
Vera Delina

10 comments:

Nita said...

Ass. wR. wB.

Iya Ve, nggak semua orang asing ngerti kemerdekaan indonesia. Waktu aku masih sekolah bahasa belanda, di textbook nya ada cerita mengenai bekas negara2 koloni belanda, termasuk indonesia. namun penjelasannya adalah kalo indonesia itu lepas dari koloni belanda sebagai pemberian hadiah dari belanda tahun 1949. Ih daku kan orang indonesia yang tahu sejarah. Langsung aku protes, terus dosenku senyum2 dan minta penjelasan dariku. Aku bilang Indonesia merdeka tgl 17 agustus 1945 dan itu hasil perjuangan sendiri. Karena saat itu tentara jepang kalah dengan tentara sekutu. Dan terjadilah chaos di indo, diambillah kesempatan untuk memproklamirkan kemerdekaan. namun setelah belanda lepas dari war world 2, belanda membawa sekutunya untuk kembali menjajah indonesia. Tahun 1949 terjadi konferensi meja bundar di den haag, sebagai akhir pengakuan belanda thd RI, karena kerajaan belanda tidak mau mengakui 17 agustus.
Wah saat itu teman2 ku di kelas langsung bilang, itu toh the real story nya. Emang payah tuh belanda memutarbalikkan fakta. Dosenku akhirnya bilang 'ok, saya tahu itu'
Aku sih bilang sebagai orang indo, aku bangga dengan nationality ku.
Btw, sejak tinggal disini aku juga belom pernah 17 an di KBRI. Emang nggak sejauh tmp ve, sekitar 1 jam naik train, cuma selalu di hari2 anak2 sekolah. Jadi terbentur melulu..
Sory ve, kepanjangan..
Thank's ya...
Nita

danida said...

Wahh..udah mulai ya? met belajar ya Ve...belajar yang rajin yak:D
Wahh..senengnya ada sodara seiman di kelas, disana mayan banyak ya ve muslimnya?

danida said...

upss...lupa...MERDEKA...!!! :D

Mother of Abdullaah said...

Eh sekarang di Australia lagi musim 'debat' perlu tidaknya pelajaran sejarah diadain di sekolah lagi. Wahh rame juga tuh. Kalo aku ditanya: Aku bakalan vote--> gak perlu. Abis terlalu banyak pro dan kontra. Contohnya tentang Anzac Day dimana Australia memperingati hari tersebut utk mengenang jasa pahlawan yang bertempur di Galipoli. Lah buat saya yang Muslim ini kontra banget. Trus gimana kalo kurikulumnya udah disusun dan dimasukkan ke sekolah-sekolah termasuk sekolah swasta Islam? Walah yang ada malah rancu dan gontok-gontokan. Sekarang gak ada pelajaran sejarah aja udah rame, apalagi ada pelajaran sejarah? *geleng-geleng sipatu geleng*

Mother of Abdullaah said...

Nambah ya Ve: Orang-orang Turki emang proud to be a muslim meski gak pake jilbab dan tidak mempraktekkan sendi-sendi agama Islam. Mungkin pengaruh negerinya yang sekuler banget!

Widya Sandy Blog said...

veeee... Merdeka!!!!
tapi gw 17an pas di Banjarmasin, nyokap gw opname, kena serangan jantung.. jadi gw dari minggu malam ampe rabu malam nginep di RS.. seharian juga deh disana.
gw cuman denger cerita ade gw aja kalo dia ikut semua lomba :D

untung sekarang blio udah sembuh..

Sun Flower Arco said...

@Mba Nita
Wah Ve baru tau mba,masak seh? info yg mereka dpt klo kemerdekaan RI hadiah dari Belanda?...hmmm, sejarah kadang mduah di putar balik seh.

@Ida
Iya Id,Alhamdulillah ada muslimnya juga. Eh btw,zidan menang lomba gak? :D

@Mba Achi
Bener mba,disini diperhatikan turki banyak juga yang biasa,spt di Indo. Padahal klo baca sejarah masa gemilang dulu,Subhanallah yah .

@Widya

Masya Allah, baru tau wid...syafakillah buat mama nya yah. Salam yah wid, gpp gk ikutan lomba panjat pinang :D, heheheh mending pulang kampung :), btw...mang wid ,pernah ikut panjat pinang kah? ^_*

umm muhammad said...

Assalamualaikum ve, dah lahiran belum. maaf ga di reply di FSnya, selalu ada masalah, begitu juga buka blog.

ve dah dapet kabar tentang 2 kewarganegaraan buat anak keturunan belum? disini katanya aplikasinya setelah setahun. tentang HUT RI, disini rame ve...

klo dah lahiran dedenya laki-perempeuan? namanya siapa ditunggu postingannya yah

MaIDeN said...

Nggak nanya lagi ke dosennya Ve, kalau sudah tau kenapa masih pakai cerita di text book ?

Well, selamat sekolah lagi ya ...

Anonymous said...

Good afternoon many have machines which not insuranced,
you have a unique opportunity only today to receive insurance the machine free of charge
auto insurance
auto insurance
cars insurance
cars insurance
texas car insurance
texas car insurance
car insurance quotes
car insurance quotes
car insurance policy
car insurance policy
xanax
phentermine
buy tramadol