July 10, 2006

Kiprah Dunia Maya

Photobucket - Video and Image Hosting


Bahasan ini sepertinya udah basi yah buat kita, tapi sekedar mereview aja, dan mengambil topik ang lebih khusus yaitu dunia IRC :D

Ber awal dari mIRC
Hehehe,senangnya kalau ngomongin IRC zaman dulu. Wekss ,serasa udah sepuh banget deh ah. Jaman-jamannya IRC dulu ,mungkin tahun 1999-2003 an kali Ve masih aktif.

Sering ada yang bilang dunia chatting,dunia kepalsuan. Ada juga yang bilang dunia IRC itu dunia bohong, gak usah percaya deh.
Hingga akhirnya Ve masuk pertama kali ke mIRC,alias chatting di channel . Dulu seh pertama di sapa ama Raden Boss,hehehe alias Mas Hardi di semarang.
Channel yang Ve pilih juga channel islam. Kalau gak salah dulu #islah namanya.

Lalu kenalan lah dengan sahabat-sahabat yang lain. Waktu itu Ve juga kenal beberapa sister dan brother yang ampe sekarang masih keep in tauch, seperti Mba Wati (di swedia), kang Arie ( anggota channel baru sekitar 2003 an masuknya ).

Banyak seh sahabat yang Ve dapat dari chatting...sebutin satu-satu yah ( yang masih bisa Ve inget di memori otak ini ,maklum udah tua keknya ) :

Sisternya :

Mba Wati ( h_nayla) , Linda (generasi_rabbani), Rika (rihlah), Mba Ista (Istaqimu) , Mba Nove (Abdullah_azzam) , Mba Eka (blue_saleekha) , Mba Linda PKPU ( liens), Nunung (janan_basimah) , Hilda Sby (jilbab_id), Pipit Malang (qonitat) , Riri (ri_2us), Lili Medan ( hikmah_79 ), Mba Amel ( ismie) , Erin (sweet1524) , Mba Liza Palembang( liza_), Rennu (dian_rennu) , Lisdi Bogor ( lisdi_ ) , Resi Yogya ( resipa) , Yunita ( nitara ), Nursila ( musrifah) , Mba Hanina ( hanina_al_hurin ) , Lilis ( liezst) , Uni Dona (rehani99) , Nining ( nalfiani/abc_ ), dsbnya .


Brothernya :
Mas Hardi ( raden_boss) , Dimas Fajar ( dimas_fajar) , Kang Arie (Arie), Andres (dua_dunia) , ronni ( k-159) , eko bdg ( eko) , kang haniff bandung (ada_cahaya) Bang Furqan ( furqon) , Bang Ibnu Medan ( ibnu) , Bang hendro ( nanang) , Firman Hadi (tawon) , Syafiq (el_shaff) , ardin Makasar ( ardin_al_sidrapi), Didin , Doli ( fadoli_) , Hadi ( Bakpia ) , Amin Medan (amin_nst) , Raffiq ( raffiq ) , Yusuf ( caesarnetid ) , Ipunk ( pengacau_kemapanan ) , dll.

Hehhe,banyak banget deh...heterogen..dari cara berpikir, ampe afiliasi nya beda-beda. Dari Pe-Ka-Se , Salafi, HT, sampai yang biasa-biasa aja.
Dari yang saklek..ampe yang gila-gilaan...*hehehe, maksudnya gilanya kalau di # pada ngumpul biasanya kita ngocol bareng, upssstt...bukan ngocol duh bahasanya...:)..kita sering diskusi ,sharing ilmu,info dan berbagi cerita tentang apa aja. Hanya lebih santai, gak terkesan saling menggurui :).

Ketika # islah dulu di ambil alih,akhirnya kita buat channel baru namanya #ishlah, terus buat # khusus akhwat ( # ummu) dan milist khusus akhwat( setau ve anggotanya ada sekitar 66 akhwat deh ).

Dan program-program pun mulai bergulir, ada taujih, dsbnya...terus...hingga satu persatu mungkin karena sibuk ama hidupnya mulai gak jalan tuh program.
Yang asyiknya, dulu..entah inisiatif ini spontan tiba-tiba datang. Kita kopdar bareng di mesjid istiqlal..sekitar ada 17 akhwat yang datang.

Hehehe, memori saat chatting dulu keknya rame deh....ampe akhirnya..aku terjun ke dunia bisnis..ciee..maksudnya memanfaatkan chatting untuk promosi produk2 usahaku.

Teman-teman pasti bilang,alaaahhh si Vera apa aja dibisnisin..semua temannya di channel ditawarin barang dagangan. Duh, maap..habis mencari segenggam berlian...heheheh :D

Ceritanya kemarin lagi buka-buka memori jaman chatting kita dulu,pas terkenang-kenang memori zaman baheula, Ve paling senang kalo akhwat-akhwat yang super duper ganas dan suka turun kejalan .*hehehe ( hiperbola banget gak seh ) lagi pada ngumpul di channel. Kalau ada orang masuk channel bikin reseh dan ribut. Tuing..langsung di kick, tendang ato ampe di ban segala.

Heheheh, sepertinya banyak suka nya deh. Terutama kalau kita jalan kesuatu kota..tinggal sms atau telepon aja deh. Ada juga beberapa akhwat yang dulu sempat main,tidur dan nginap di kost-an Ve di Bandung dulu.

Hehehe, indah dan asyik kalau mengenang itu semua. Kadang suka nge bayangin seandainya, sahabat yang udah lama gak kontak baik via IRC maupun via YM, terus ketemu lagi..reuni-an di channel, kebayang kali. Ato bisa juga ketemuan alias kop dar bareng, wah rame banget. Sayangnya...pada jauh semua, hanya seperti kata pepatah
jauh dimata dekat dihati...:)

Itulah persaudaraan dalam Islam. Gak memandang apapun ,Insya Allah...bersaudara karena kita adalah bagian dari tubuh umat ini. Gak ada istilah karena ada maksud , or ada udang dibalik bakwan ( whuaaaa enak banget ) :P, saling memberi nasehat,saling memberi info, dan sekarang yang lagi mode in adalah NgeBlog.
Hehehe, Ini lebih enak...kek diary gitu, cuma bedanya kalau diary kan nulisnya dibuku ,ambil pulpen ama buku diary..nulis deh. Kalau nge-blog...turn on komputer, buka blog...ztttt...ztt..zttt, posting deh . :)

Sama-sama berdakwah di dunia maya...dunia yang penuh kebohongan katanya, didunia yang banyak ngebul nya ups,banyak ngibulnya. Ternyata gak juga ah.

Cuma di situ,masih ada secercah harapan....ada setitik cahaya....masih ada orang-orang yang baik..masih ada orang-orang yang ingin berusaha menjadi lebih baik dari hari kemarin.

" Wahai manusia,Kuciptakan kalian laki-laki dan perempuan, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, tak lain untuk saling mengenal satu sama lain ...( Al Hujuurat : 13 )

That's my best memory to know u my sister and brother :)...Uhibbukum Lillah...

Sun flower

12 comments:

Mother of Abdullaah said...

Aku setuju ama dikau, Ver. Pertama kali aku 'terjun' ke dunia perchattingan sekitar th.1997. Tapi sejak nikah, aku udah gak 'aktif' chatting lagi deh. Padahal dulu aku aktif di #Ishlah, #Musholla. Sering KopDar dan KajDar (Kajian Darat) di Masjid Manggala Wana Bhakti. Sejak awal aku juga berprinsip sama dgn dikau. Bagiku ajang chatting waktu itu ajang ukhuwwah. Aku menampilkan diriku apa adanya dan tidak menjadi 'bunglon'. Soale khan ada orang2 yang punya prinsip kalo dunia maya itu nggak real so cara gaulnya pun totally different. Gak bisa dibareng-barengin. Itu mah pendapat orang ya. Kalo aku pribadi yaa orang2 di dunia chatting itu termasuk orang2 yang pernah mengisi dan mewarnai kehidupanku Alhamdulillaah. BTw, itu bang Furqan yang anti kenal, bang Furqan orang mana? Kali aja daku kenal hehe...

Ummu Aisyah said...

Lah, mba kok gk pernah kenal yah? :D, hehehe padahal ve masuk #ishlah juga, kebetulan dulu sempat jdi OP. Tp yah skrg sama kok, jarang masuk channel lagi. ;)...btw ...bang furqon medan, terkenal keknya seantero perchat-an abang ku itu. :D

Anonymous said...

veeee....hiks...aku jadi terkenang-kenang lagi nih...dunia jadi sempit krn IRC yah...mau ke bogor ada sodara, ke bandung ada sodara, ke malang, surabaya, bali, makasar..australia ada juga..ke swedia juga....waaahhh :(( miss u all...romantika pertemuan istqlal hiks

Anonymous said...

hai ve.. salam kenal..
iyah, dulu aku juga suka tuh mIrc-an... banyak teman, tapi yah sekedar teman dunia maya.. beda loh sama temen blogger.. soalnya suka kopdaran, jadi lebih kenal dekat lah.. lagian dulu temen2 ketemu di mIrc udah nga tau pada kemana deh.. hehehe... tapi, aku sempet juga loh, ketemu bandit di dunia maya.. sejak itu tobaaaat!!! serem banget yah.. hehehe...

oiya, ve.. sehat terus kehamilannya yah.. mudah2an lancar ampe lahiran... hayo. hayo.. bagi-bagi cerita tentang dedeknya... =)


clodi.blogspot.com

Ummu Aisyah said...

@ Rika, Iya say...romantika mesjid istiqlal..gak disangka-sangka cuma lewat sms dan telpon ketemuan akhwat...sayang fotonya Ve gak dibawa..ditinggal di Indo. Kan ada foto kita semua, pulangnya dri situ..Ve nginap di rumah Mba Ira Cantik bareng Mba Eka di pasar rebo :) Miss banget deh ah.

@ Mba Clodi

Wah Mba, banditnya kelas kakap ato kelas teri? :D...masak kok bisa? btw,makasih udah mampir..ve senang dapat lihat clip nya loh.
Mba juga semoga lancar selalu yah :), ve link blognya .

@ Widya
Wah wid, gak boleh loe nyebut2 tua...:P...99 juga baru awal masuk kuliah, heheheh:D

Anonymous said...

Hihihi, jaman IRC awal internet mulai top tuh :) Yang jls gak semua org yg kita kenal via dunia maya tukang ngibul lho Ve.. Contohnya Nia, ibu peri yang baik hati xixixi *kabur seblm dijitak ama Ve*

Ummu Aisyah said...

@Mba Nia
Hehhe, ibu peri yang baik hati...kirim kue birthday cakenya rayna dunk ke kami :D...gak kok, ve gk akan jitak...cuma nodong...minta cookiesnya , hehehehe :D

ummu raisah said...

Ah dunia maya...ana anggep sebagai salah satu keajaiban dunia...ana mulai kenal internet taun 96, mabok cetink taun 99, sampe ipk nol koma saudara saudara ^_^

penakayu said...

Ve ID ku nggak pengacau_kemapanan lagi..sekarang lebih sering make freelance_corp..add yah he he he

Ummu Aisyah said...

@Ummu raisah, wah mabok chatting juga pernah melanda mba yg satu ini toh? :D

@ yon's ravolta

Oh,pantes gk pernah OL...iya ve add deh,Makasih infonya punk

Anonymous said...

Aku termasuk telat kenal chatting :D. Blom pernah nyobain IRC. Tapi aku kenal bbrp teman IRC Ve. Bbrp skrg akrab di blog juga kan? :)
Btw, di Denmark gak buka usaha bu? Dagang lagi gitu :D

Anonymous said...

img src="http://suka.web.id/images/ar5.jpg" align="left" alt="ardin al sidrapi" border="0"
Subhanallah ve.. dikau tambah jauh banget yah dari makassar, orang lom sempat foto2 eh dah diboyong ke denmark :))

ane juga dah lupain iRC soale dah pada ga kenal anak2 baru euy :D sesepuh dalnet udah pada modar dari warnet :p


salam kangen for all :D
ardin al sidrapi