January 24, 2010

Buku...biar pintar :-)

Hari ini tugas membaca buku diawali oleh kesediaan Daddynya untuk membaca. Hmmm, Ben baca buku???? hal yang langka....heheheh, pisssss skat! , sesekali Daddy memang mau bacain buku untuk Aisyah kalau di minta. Karena lihat Ve sedang belajar.

Kegiatan membaca tiga buku tiap hari menjadi kebiasaan yang Aisyah sendiri sudah tahu jadwal rutinnya sebelum tidur. Sebelum tidur dimulai dengan membaca buku, habis itu baca doa tidur lalu diakhiri dengan minum segelas air putih...( meski pun udah di bilang, kalau udah gosok gigi jangan makan dan minum lagi )

Sebelumnya diawali dengan percakapan Ve dan Aisyah :

Aisyah : mor, hvad laver du ? ( sedang apa Mom? )

Ve : Jeg læser en bog ,Aisyah ( baca buku ..)

Aisyah : hvorfor ? ( kenapa ? )

Ve : Fordi min lære sagde, jeg skal læse denne bog. ( karena guru ku yang menyuruh ku )

Aisyah : Hvorfor ?

Ve : Fordi man bliver endnu mere klogere.. med at læse bøger. ( Karena kita akan menjadi pintar dengan membaca buku )

Aisyah : Nåh, OK.....( ooooow, ok... )

Ketika itu dia serius memperhatikan buku yang sedang Ve baca....lalu bertanya gambar siapa yang ada di cover buku tersebut?....Ve bilang, Ve gak tahu itu siapa....

Aisyah : Ligesom far. Far, han er en klog pige. ( seperti daddy, daddy gadis yang pintar )

Ve : Nej, Far er en klog dreng ,Aisyah....ikke pigen ( bukan gadis pintar, tapi laki2 yang pintar). *thingking, mungkin karena Aisyah jarang lihat Daddynya baca buku, dipikirnya daddynya udah pintar.....*

Aisyah : Ok, så vil jeg også blive en klog pige, jeg vil gerne læse bøger ligesom dig.....( Ok, aku juga ingin menjadi anak yang pintar, membaca buku spt mommy ).

Ve : Nåh, hvorfor ?

Aisyah : Fordi min lære også siger, jeg skal læse bøger? Jeg vil blive en klog pige ( Krn guru ku juga bilang ,aku harus baca buku...Aku ingin jadi anak pintar ).

Ve : Okkk, ..men hvordan kan du gøre det? med at blive klog??? * pengen tahu jawaban Aisyah , apa usaha dia untuk bisa menjadi pintar....

Aisyah : Fordi du læser bøger til mig hver dag, så bliver jeg klogt fra det ( Karena kamu membacakan buku untuk ku setiap hari.....akhirnya aku akan menjadi pintar deh ) . *Sembari tersenyum menatap Ve*

Ve : Hihihihih, du er en dygtig pige , skat.... ( Kamu anak yg pintar....)..* sembari tersenyum , gak menyangka jawaban Aisyah akan spt itu *

****

Sehabis itu Ve bilang ke Aisyah, kalau Ve ingin tenang dan Aisyah gak boleh mengganggu mommynya. Ve bilang, kalau Aisyah ganggu Ve nanti akan di laporkan ke Daddynya.

Terus Aisyah bilang : OK , mom...jeg vil ikke forstyre dig. ( ok mom, aku gak akan ganggu kamu. )

Setelah itu dia ambil buku bacaan favoritnya, yang berjudul 'Sov sødt,Mimi'. Terus dia buka buku itu sembari membaca buku untuk Mommynya

Aisyah : hver aften, når Mor skal i seng, bliver hun puttet af sin mor... og Aisyah fortæller godnat historier....Aisyah læser godnat historier til mor, mens mor ligger under sin lune dyne.

( Setiap malam, ketika mommy mau tidur, Aisyah menceritakan good night history...Aisyah membacakan buku good night history untuk mama, ketika mama berbaring dengan selimutnya diatasnya. )

Ve : Tertawa ngikik dibalik buku yang sedang Ve baca.....Nggak menyangka kalau Aisyah bisa mengarang seperti itu....Emang benar buku Sov sødt,Mimi yang setiap malam Ve bacakan itu bercerita tentang Mimi yang selalu dibacakan buku cerita oleh mommynya.

Aisyah berfantasi dan menceritakan kembali dengan mengganti Ve menjadi Mimi, dan Aisyah sebagai : Mommynya Mimi.

Sempat beberapa hari lalu pun Aisyah melemparkan komentar yang buat Ve senyum. Karena dia punya trik jitu sendiri yang membuat mamanya nggak bisa menolak keinginannya untuk membaca buku.

Aisyah : 'Mor, Biar Aisyah menjadi pintar....Mommy mau gak membacakan buku untuk Aisyah?' Kan Ais pengen jadi pintar....

Mor : 'Oh, jadi Aisyah pengen pintar...makanya suruh mama bacain buku yah...

Aisyah : Iya.....

Mor : Ok....deh..


* pas cerita ini ke Daddynya....dia ketawa ngakak.....*

pesan moralnya untuk kami :

Membaca buku cerita untuk anak-anak memang petualangan yang mengasyikkan, pun ketika Ve membacakan buku cerita untuk anak-anak didik Ve di tempat praktik di børnehave. banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi disini...biasanya Ve akan senang menceritakan pengalaman ini untuk dibagi, di dunia pædagogisk / pendidikan..kita menyebutnya : praksis fortællinger.....Disini kita orang dewasa belajar juga untuk kembali menyelami DUNIA FANTASI / petualangan...dunia dimana, anak-anak suka berimajinasi dengan sesuatu hal -kita orang dewasa- tidak pernah bisa mencapainya kecuali dengan mencoba masuk ke dunia mereka. Menyenangkan....( disini Ve kembali teringat dengan tokoh favorite Ve dulu, Kak Seto

2 comments:

Zufria Rahma - LopeZ said...

Hihiiii.....beneran Pinter tuh anak..Jadi dah....huhueuheuhe...btw...makin Lancar jayaaa...eeuuyyy Dannish lu ka ina...hehhehe :D

Reni Dwi Astuti said...

Masya Allah, Aisyah makin cantiiikk... terus rajin membaca ya Aisy...biar pinter kayak mommy...
Mommy: smg lancar sekolahnya mbak...