September 23, 2008

Tilbage igen...(min mening)


Alhamdulillah sebentar lagi idul fitri....ups maksudnya bukan karena puasanya udah nggak lagi. Tapi karena idul fitri adalah hari kemenangan kaum muslimin/muslimat.


Kemenangan setelah berpuasa selama 1 bulan namanya, puasa yang tak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga aja. Tapi juga menahan segala sifat-sifat buruk dan memperbanyak kebaikan.

Ini pertama kali Ve puasa lama di Århus, kalau tahun kemarin kami puasa dan lebaran di Indo. Tahun ini di Århus aja.

Awal puasa terasa berat, jujur nih...karena maghribnya sampe jam 21:30 lebih plus sekeliling kita banyak yang nggak puasa. Pas lagi jalan dimall misalnya, eh lewat orang lagi minum es krim, Hehehe, kalo makanan sih masih bisa tahan, tapi kalau es krim. Hehehe,mesti sabar yah.

Setelah lama, akhirnya jadi terbiasa. Sempat juga di wawancara teman-teman sekelas. Ditanyain kuat nggak? apa nggak takut sakit? terus belum lagi mereka ngebayangin beratnya nggak makan seharian terus ngurus anak pula.

Ada lagi yang bilang, wah aku masih punya uang untuk beli makanan toh nggak harus aku puasa kok. Yang lebih perhatiannya seorang teman bilang Ve lebih kurus sekarang, terus dia bilang aku jangan puasa, kesihan mukanya udah tambah kecil. Gitu kira-kira kesan dan pesan teman-teman.

Terima kasih atas atensinya....tentunya banyak yang tidak tahu tentang makna dari puasa. Beberapa sih Ve jelaskan puasa nggak cuma menahan lapar dan dahaga.

Sempat juga dapat selebaran liflet dari Århus kommune ( macam kelurahan ato kecamatan ), disitu dijelaskan untuk para orangtua agar jangan memaksakan anak-anaknya untuk berpuasa.
Århus kommune menghormati umat Islam yang menjalankan ibadah shaum ramadhan.

Masalahnya anak-anak usia sekolah sekitar 12 tahun keatas, mereka menghimbau agar lebih baik tidak berpuasa, kalaupun mau berpuasa dimohon orang tua untuk memberikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup kepada anak. Masalah yang mereka temui, kebanyakan anak-anak folkeskole banyak yang jadi nggak konsentrasi belajar dan jadi buat masalah...setelah di cari tahu penyebabnya mereka /para anak-anak tersebut tidak SAHUR. Tidak makan sebelumnya.

Jadi setelah membaca Panjang kali Lebar liflet itu....Ve berpendapat bahwa Puasa tidak akan menjadi penyebab kehilangan konsentrasi anak-anak. Jika pedoman berpuasa itu di ikuti...sunnahnya SAHUR, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.
Ve percaya kalau RAMADHAN itu adalah rahmat buat umat Islam...yang nggak mungkin bisa kita nikmati tahun depan dan tahun berikutnya.

Lalu Ve jadi berpikir tentang Aisyah, kalau Ais udah besar tentunya Ve tetap akan memberikan pendidikan untuk Aisyah agar berpuasa di bulan ramadhan. Semoga saja nggak ada halangan dan tantangan.

Ve sempat pula diskusi dengan suami, Ve bilang kita di Indonesia seusia dini sudah di latih para anak-anak untuk berpuasa. Ve bilang umumnya usia 7 tahun kita udah dilatih, untuk puasa 1/2 harian. Sedikit demi sedikit tentunya, Alhamdulillah semuanya lancar.

Banyak bahan yang kami diskusikan di bulan ini....semuanya itu untuk menambah pemahaman kami sekeluarga.

So, buat teman-teman...yang membaca postingan ini....ayo tulis kesan dan pesan Berpuasa dibulan ramadhan.
***
PS.
Buat Ve kesan sedikit syahdunya...pas Eidul fitri nanti sepi sekali....karena pas waktu bekerja dan tidak libur. Pun kami belum tahu apa ada shaff shalat untuk wanita berjamaah shalat Eid di lapangan olahraga. Semoga ajaaa deh, Ihikssss.

5 comments:

tryas said...

Wah...ternyata puasa disana lebih lama ketimbang disini ya mba Ve..
kalo di bali imsaqnya jam 4.50 Wita dan udah bisa buka puasa jam 18.20 Wita.
Cuma bedanya suasana sahur di bali, ga da orang2 yang keliling rumah buat bangunin sahur gitu..hihi...ga kayak di jawa..kalo suasana iedul fitri nya, tryas belum tau si..coz always mudik tiap tahun...
Anyway... selamat menyambut datangnya hari kemenangan ya sist...

Ninis said...

Yang paling berkesan buatku tahun ini sih, karena suamiku sangat mendukung :)
Tau kan betapa beratnya tahun2 kemaren berat banget buat kami berdua :)
Alhamdulillah, sekarang makin dekat, karena sahur & buka hampir selalu ditemenin dia..

Agak berat ya buat kita disini mengajarkan anak2 puasa. Mending kamu Dek, suami kamu udah kenal Islam sebelum kalian menikah..
Lah suamiku? :)
Butuh penjelasan ekstra ke dia & anak2 nantinya..

Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin kalo ada salah kata & perbuatan selama ini yaa..
*in case aku gak sempet BW lagi*
Sun buat Ais yang makin cantik aja!! :*

ummu raisah ok said...

"Assalamu'alaikum jeng...met puasa n met lebaran ya....positif ga mudik niy ya.... pengen ketemu Ais deeee, abuba menanti ^_^ di Jakarta lebaran nya ya std lah...tapi puasa dan lebaran kali ini bener-bener berkesan...karena lebaran tanpa suami hihii...maksudnya abinya 'Aliyah lebaran di mecca nemenin mertua...jadi...berkesan....berkesan sepi hihihii....." ^_^

Ima said...

Hiks Ve.. ima sedih banget. Ramadhan ini jauh turun dibanding taun lalu. Malunya gak ketulungan!!

Astagfirullah.. Kesan tahun ini kacau balau deh.. gak bisa sekhusyu taun lalu.

ke2nai said...

Seenak2nya di negeri org, kl urusan puasa & lebaran lbh enak di tanah air ya.. :)