September 2, 2008

Serba serbi mormor kager


Heheh, ini sebutan dari daddynya Ais ..dia bilang adeknya suka nyebut ini kue mormor..yang artinya Kue nenek. :.

Sebenarnya namanya kue marmer, terus di plesetin ( apa yah kalo bahasa denmarknya? ), mungkin bahasa slank menjadi Mormor. Mormor itu dalam bahasa Indo artinya Nenek dari pihak Ibu.


Pikir punya pikir, sebenarnya bahasa Indonesia itu paling MUDAH untuk belajar. Dibandingkan bahasa yang lain-lain. Bahasa Indo itu nggak mengenal present,past dan future. Kalimatnya sama. Misal : Ayah pergi bekerja, Kami makan di restaurant.

Kata kerjanya nggak berubah...paling kalau menunjukkan dia past tense berubah menjadi Kami makan direstaurant kemarin. :((
Mudah toh? nggak ribet....seperti bahasa inggris..apalagi danish. CaaaaPeee Deeeeh %%-.

Seperti Nenek, itu didanish namanya lain-lain kalau dari pihak Bapak : Farmor dan Farfar ( Nenek dan Kakek ). Kalau dari pihak Ibu : Morfar dan Mormor ( Kakek dan Nenek ). Belum yang lain-lain. Terkadang ada bacaan Danish yang nggak sama dengan ucapan, belum macam peraturan yang nggak logis. =((
Pusiiinggg deh jadinya.

Tapi bukan berarti nggak PENTING itu bahasa Danish. Penting banget malah....kalau kita mau berintegrasi, dan ikut serta aktif dalam society yah harussss bisa danish.

So, buat teman-teman yang sedang belajar bahasa...apapun itu bahasanya...tetap semangat. Heheheh, sebenarnya nyemangatin diri sendiri nih. ( habis lagi ramadhan, hehehe loh kok?...:P )

Eiitttts, balik lagi ke kue mormor ini...atau cake marmer lah...

Hari pertama buka puasa, ato munggah bahasa sundanya deh...tentunya spesial banget buat kita di Indo.

Beda banget sama di tempat kami. Yang puasapun hanya segelintir orang, yang memang mau / terpanggil ketika Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarahnya : 183-185 untuk berkewajiban puasa di bulan Ramadhan ini.

Sempat chok dikit...ketika Ve temui ada beberapa gelintir muslim yang tidak berpuasa ( ini pengalaman di kelas sih ). Tapi kan itu nafsi-nafsi...puasa itu untuk Ku..begitu kira-kira Allah SWT berfirman dalam hadist Rasul. ( koreksi kalau salah yah temans ). Jadi kita urus masing-masing...yang pastinya kita jaga diri kita dan keluarga kita. Insya Allah yah...biar tetap semangat menjada keluarga kita.

Nah, acara bikin cake marmer ini sih dadakan...karena Ben bilang ingin berbuka dengan yang manis. Tradisi kolak dan kue basah bukan andalan yang jitu disediakan untuk Ben...dia nggak suka Kolak, katanya kok pisang dibasahin jadi mirip bubur. Aneeeh dia bilang. :D

Akhirnya buat deh cake marmer ini....search di mbah Google...dapatlah resepnya.
Terennng, Alhamdulillah jadi. Percobaan pertama di berikan ke Aisyah. Karena Aisyah buka puasanya jam 6 sore. Hehehe, dia nggak puasa deng.

Sekali mencoba OK, terus dia minta tambah lagi....OK...Ve kasih...padahal itu sebelumnya Ais sudah makan bubur ayam nambah 2 kali malah. Terus dia bilang Mere / nambah lagi.



Wekksss, stop...akhirnya Ve bilang HABIS,finish...færdig,ikke mere.
Terus dia ngeloyor pergi ke dapur terus nunjuk loyang cakenya. Hahahaha, :D<">
Ternyata anakku si wedho ini ndak bisa di kibuli lagi....udah besar... udah ngerti.... Dia bilang itu dia ada.....:D

Akhirnya Ve bilang, nggak bisa dapat lagi..karena itu punya Daddynya semua. Hihihih, kan Ais lumayan takut ama Daddynya. Nurut lah kalau di bilang nggak, Ais mengerti.


MORAL cerita :

Daddynya Ais bilang, kamu itu Aisyah udah besar nggak akan bisa dibohongi lagi macam spt itu. Pake bilang segala habis, toh Ais bisa lihat kalau di dapur masih ada tuh seloyang besar. :(( Kalau mau mengajarkan anak disiplin jangan tanggung-tanggung. Kasih cake 1 buah cukup terus sisanya di simpan, jangan di pamerkan ke anak. :-O

Ea laaah Daddy, namanya juga Mommynya baru capek ubek-ubek didapur...pas tadi buat adonan cake diacak-acak ama Aisyah...so maklum lah kalau nggak pikir panjang :)
Buat Aisyah, cepet besar yah Nak.....biar bisa bantu beresein dapur.

10 comments:

Mama Shahira dan Syafiq said...

Kuenya enak ya Ais..? jadi kepingin lagi.. duh ais tambah pinter deh.. gak bisa di boongin lagi yaa...tambah cantik lagi..

meyrinda said...

kayaknya enak tuh kuenya, apalagi kalo ga pake bikin langsung makan hihihi

Keke Naima said...

kl udah besar berarti jtah ais gak 1 potong lagi dong mom, tp lebih. hehe...

hidup bahasa indonesia deh kalo git. sy aja kl baca tulisan danishnya mom Ve ini udh pusing, gimana nyebutinnya :D

Anonymous said...

aih enak kali, bikin batal shaum tante nih hehe
btw Ais manisss banget :)

budhe said...

pertama kunjung nemu cake yang hmmm kliat nyummy tuh..lezaaat..dan Aisy cute abis..

met puasa ya...

Ninis said...

Ais tambah cantik ya, tambah keliatan bulenya hehehe..

Mau dooong kuenya :D

Iya, bahasa Indonesia emang paling gampang, gak pake pola aneh2, tapi kata2nya sering diplesetin, makanya orang asing yang belajar suka bingung juga hahaha :))
Trus banyak istilah2 kayak dong, deh, anu, loh, weks, etc etc .. huahahaha... di bahasa asingkan pasti gak nemu! :D
Itulah uniknya Indonesia hihihi..

Anonymous said...

hehehe kirain kue apaaa kok kue mormor taunya kue marmer yaa hihi ada2 aja neh

Asyik tuh Ais doyan yaa ngga papa bunda ntar sering bikinin kue mormor deh buat Ais en daddy yaaa...*sy tuh semangat bikin kl makanan langsung ludes dimakan lho..artinya enak hehe*

Wah bhs danish kayaknya lebih sulit dr french yaaaa....???

primaningrum said...

keiknya enak neh kue mormor-nya, met berbuka puasa ya....

whuaaa ais makin cantik aja ya

Mommy Farah said...

Wah semangat sekali mommy aishy nie...udah nampak hasil yah dr belajar bhs danish nya.duuh tuh' aish makin cantik deh..jadi gemeeszzz trus tambah pintar tuh gak bisa diboongin lagi ama mommy hehehe...
kalo daddynya aishy doyan ama yg maniez kaya' cake gituh yah..nah kalo daddynya farah gak doyan tuh,doyannya ama sayur mentah/salad..panteees bgt kalo tinggal di tanah sunda bisa hidup tuh di hutan juga hahahahaha

Vera said...

Waw..Cake Marmernya enak tuh ya mpe Ais doyan. Azka mau dong.

Bhs Danish ribet banget ya, Ve. Bisa puyeng deh aku klo belajar bahasanya hehehe...