January 25, 2007

Harapan yg menjadi kenyataankah?


Masih inget kan postingan Ve yang dulu2 tentang akan dibangunnya mesjid dan silamic center di Arhus? Areanya dekat sekali di daerah apartment kami tinggal. Karena di daerah brabrand ini keluarga muslim yang tinggal cukup banyak. Rata2 berasal dari muslim somalia,muslim turki,arab,irak,iran dan maroko.
Kebanyakan adalah para refuges yang sudah lama tinggal disini.

Nah,waktu hari selasa kemarin kebetulan sekali Ve dapat sms dari sister Ve yang kebetulan aktivis organisasi muslimah disini. Dia bilang hari selasa pukul 7 malam ada pertemuan akbar di Globus 1 ( tempat biasa kita2 kalau shalat hari raya).
Pertemuan itu membicarakan tentang masa depan mesjid disini. Yang rencananya mau dibangun,dan sudah disepakati rancang bangunnya seperti apa ( silahkan lihat www.mosquedenmark.org ).

Alhamdulillah,kalau memang itu menjadi sebuah kenyataan,alangkah bahagia buat Ve dan keluarga. Hmm,mungkin bukan hanya kami yang bahagia...tapi mayoritas muslim yang tinggal didaerah brabrand ini.

Sebuah langkah besar buat perkembangan Islam di sini.
Boleh dibilang sebab musabab didirikan nya sebuah mesjid ini atas inisiatif pemerintah yang *menjanjikan* muslim di Denmark untuk membangun sebuah sarana buat mereka. Ini terkait kredibilitas Denmark dimata dunia atas kasus heboh kartun tahun lalu.

Tentu saja,ini gak hanya cuma isapan jempol belaka,pemerintah harus benar2 bertindak serius. Hanya nampaknya masih setengah hati. Plus partai ( dansk folkeparti) yang berkuasa adalah penentang no.1 perkembangan Islam di negara HC.Anderson ini.
Mereka benar-benar ketat dan rasis terhadap para pendatang yang bermukim dinegeri mereka.

Alhamdulillah,para komunitas muslim disini benar2 bekerja keras,meski terkesan lambat...sedikit demi sedikit mulai ada penyatuan dalam gerak kerja dakwah ini. Mereka mulai membangun kerjasama antara muslim satu sama lainnya.
Ini merupakan titik terang yang menggembirakan hati,meski ada friksi2 diinternal organisasi dakwah...tapi sejauh ini mereka punya tujuan sama yaitu : berdirinya sebuah mesjid dan sekaligus menjadi islamic center disini.

Namun,tujuan suci selalu saja ada kendalanya. Makar2 diluar Allah SWT tidak akan senang kibaran dakwah Islam bergenderang dinegeri Denmark. Lagi2 ada batu sandungan. Kali ini datang dari bossnya Brabrand Boligfrening-nya. Siapa sih dia? Dia itu adalah boss yang pemegang hampir 90% apartment2 yang ada di daerah brabrand. Jadi si bapak ini ketua nya gak setuju dan keberatan atas keinginan para muslim untuk membangun sebuah mesjid di tanah garapannya. Brabrand boligfrening adl.pemilik mutlak area brabrand. Rata2 apartment yang ada dibrabrand ini dibawah bendera organisasi ini.

Ketika ditanya alasannya,kenapa menolak dibangunnya sebuah sarana ibadah umat Islam didaerahnya? Dia bilang,dia takut akan makin banyak refuges yang datang ke brabrand,dan ujung2nya makin banyak pula tindak kejahatan merajalela disini. Katanya alasan keamanan. (klisee).

Secara rasional,wajar dibangun sebuah sarana ibadah disebuah komunitas yang memang banyak muslimnya. Lalu knpa disangkut pautkan dengan kriminalitas? Apa identik Islam itu dengan segala tindak kejahatan?

Ve gak tau lanjutan pertemuan itu,sebenarnya mau datang banget. Tapi karena saat itu Ve sendiri sibuk di rumah sakit menjaga Ben.
Ve cuma berdoa,semoga ketua Brabrand Boligfrening dibuka hatinya. Karena ini pun untuk keuntungan wilayahnya,siapa tau ini menjadi sarana informasi yang akurat untuk siapa saja yang mau tahu lebih jelas tentang ISLAM. Karena mesjid itu kelak akan juga berfungsi sebagai Islamic Center.

Ya Allah,Hanya Engkaulah yang mampu bekerja dalam hal ini. Engkaulah yang akan mengibarkan panji2 agamaMu didaerah kami.

Harapan ini semoga menjadi sebuah kenyataan....
*wassalam*

1 comment:

Anonymous said...

mudah2an bisa segera terwujud masjid disana... amin...
eh mbak btw...
di Min Vennernya kayaknya ada yang salah deh...
tulisannya mbak feny dubai
tapi linknya mbak luluk dithailand...
iya apa gak yah???
hehehe
salam sun buat aisyah