May 2, 2005

Peristiwa Sederhana

Assaalamu'alaikum.wr.wb.

Senangnya bisa nulis lagi...3 hari kemarin soalnya gak bisa kemana-mana.

Kebetulan tante di jakarta ada acara ke bandung,jadinya ve yang jagain rumah...nenek sendirian dan sudah sepuh banget...kesihan kalo ditinggal sendiri.

Jadinya, kami berdua dirumah...dengan rumah yang besar...serasa sepi banget tampak nya rumah yg kami naungi saat ini. Kebetulan lagi disekitar komplek rumah ini memang sering terjadi "peristiwa" kemalingan.Hari minggu kemarin saja..tak jauh dari rumah tanteku ini ...ada rumah yang kebobolan karena pagar luarnya tidak dikunci,walhasil beberapa perhiasan hilang dicuri.Innalillahi..semoga menjadi ibrah buat yang kehilangan dan sabar atas ujian.

Rumah tanteku memang sangat laus, disekelilingnya dipagar...dan disamping ada taman yang cukup luas,tante memang senang menanam pepohonan..dulu sewaktu saya masih duduk di bangku SD, sering sekali bermain-main di kebun. Dengan teman-teman kecil ku, -Nanda dan Lisa- biasanya kami lebih suka main jadi pramugari-pramugarian dan pilot(heheheh maklum anak kecil) .Disana juga tersedia bermacam pohon yang ditanam tante, dari pohon jambu,mangga,belimbing,dan pisang....Untungnya sekarang beberapa pohon sudah ditebang.Jadi tidak terlalu banyak nyamuk...hiiii...nyamuknya itu yang sebesar-besar biji jagung..belum lagi semutnya yang kalo nge gigit....bisa merah kulit kita.

Melewatkan hari dengan hanya dirumah bersama nenek...hehehhe...nenek adalah orang yang paling dekat dengan saya.Dia selalu memberikan banyak wejangan,walaupun kadang saya hanya mendengarkan "nasehat2nya"..tapi jujur saya sangat menyayanginya.

Kadang terpikir,jika dihari tuanya ini...saya apa bisa memberikan sedikit kebahagiaan buat nya.Saya menyayanginya.Ketika nenek sakitpun...saya menyempatkan untuk datang jauh-jauh dari bandung..dan menjaga nya...Saya belum bisa membahagiakannya..jadi hanya perhatian dan doa saja yang baru bisa saya persembahkan.

Tiba-tiba, ketika kami sedang menonton tv, salah satu sekering dirumah turun...otomatis..lampu kamar dan air pam mati.

Kami berdua - wanita-wanita - dirumah..yang memang gak tahu apa-apa masalah listrik ....agak sedikit meresahkan....padahal om dan tante pulang masih keesokan harinya.Bagaimana nanti malam,hubungan listrik yang sekeringnya mati itu akan pengaruh kepada lampu jalan, kamar dan air.

Akhirnya , saya dan nenek pergi ke tempat Adik nenek yang tidak begitu jauh dari rumah kami.Kami langsung minta bantuan mereka ...kalo memang ada yg mengerti masalah listrik tolong dilihat,apakah ada masalah serius sehingga sekeringnya sering turun.

Alhamdulillah ada Kakak sepupu yang memang mengerti masalah arus listrik, akhirnya kami pulang kembali kerumah bertiga - saya,nenek dan Uda Boy-.

Ketika di cek oleh Uda Boy, ternyata ada salah satu yang konslet.Jadi harus dibeneri oleh nya.Cukup lama...30 menit Uda berusaha mengotak-atik akhirnya...Alhamdulillah sekeringnya sudah bisa dinaikkan lagi..dan air serta lampu bisa dihidupkan.

Kebayang jika air tidak nyala dan lampu jalan tak menyala, komplek sekitar sini memang cukup sepi.

Akhirnya saya dan nenek bisa bernapas lega.Setelah Uda Boy pulang....Saya tersenyum pada nenek, sembari berkata : "Seandainya tidak ada anak laki-laki, mungkin hidup kita akan menemui kesulitan ya Mak".

Saya sebenarnya tersenyum karena ingat perbincangan dengan seorang sahabat saya, yg kami sedang mempermasalahkan ttg GENDER.

Saya dan dia sepakat kalau sebenarnya kita kaum wanita, bisa hidup mandiri, tidak harus selalu bergantung oleh kaum lelaki,sehingga tidak harus hidup kita diinjak-injak oleh kaum lelaki, sebagaimana yg sering terjadi kasus disini, terjadinya kekerasan kaum perempuan dalam rumah tangga.

Hmmm, semoga pendapat saya ini salah....karena ternyata untuk satu hal yang sederhana saja saya tak bisa melakukannya..saya masih membutuhkan orang lain -kaum lelaki-.

Memang Allah SWT mengingatkan saya dengan "sedikit peristiwa" ini,,...untuk lebih arif dan bijaksana dalam menyingkapi kejadian hidup.

"Dan diciptakannya kamu laki-laki dan perempuan untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan"



Wallahu alam

sun flower

No comments: